SIMULASI DIGITALPENGERTIAN SIMULASI DIGITAL
Simulasi Digital ini adalah
suatu gabungan mata pelajaran IT (Informasi Teknologi) yangdigunakan untuk
mempersiapkan para siswa SMK untuk berwirausaha.
I.
Latar Belakang
Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau mengungkapkan pemerian
(deskripsi ) atasbenda jadi yang dihasilkan, merupakan kompetensi lunak
(soft competency ) yang termasukdalam standar kompetensi kerja.Salah satu
kemampuan yangdituntut pada kehidupan abad ke-21 adalah
melakukankomunikasimelalui media digital.Kesempatan melakukan pembelajaran
dan/atau mengikuti pemelajaranmelalui media daring(onlineaz) semakin terbuka
lebar bagi masyarakat pembelajar, termasuk siswa dan guru, sejakawal abad
ke-21. Makna globalisasi dalam bidang pendidikan harus disikapi secara
arif olehguru dan siswa dalam memperoleh pengetahuan sebagai dasar
pembentukan keterampilan dansikap.Keterampilan komputer dankemampuan mengelola
informasi, baik yang secara terencanatelah diberikan kepadasiswa maupun yang
didapat siswa di luar kendali guru karena prosesbelajar di masyarakat
luas,merupakan modal dasar bagi siswa dan guru memasuki erakomunikasi digital.
II. Tujuan Mata Pelajaran Simulasi Digital bertujuan untuk
memberikan bekal:
1. pengetahuan dan keterampilan bagi siswa untuk membuat jejaring
informasi dengan pihaklaindalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya;
2. mengomunikasikan gagasan atau menjelaskan produk benda jadi
yang dihasilkannya atauhasilkarya orang lain melalui media digital;
3. penanaman sikap berbagi pakai (sharing) kepada pihak lain.
Manfaat Simulasi Digital :
1. Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar
2. Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya
3. Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar
4. Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya
5. Memudahkan untuk belajar kelompok via Online.
6. Guru dapat memberi materi via online walaupun guru sedang
tugas.
7. Melakukan ujian via online.
Pengertian Pembelajaran Kolaboratif : adalah pembelajaran yang
memudahkan para siswa bekerjasama,saling membina, belajar dan berubah
bersama, serta maju bersama pula.Cara pelaksanaan Pembelajaran Kolaboratif
:
1.Para siswa dalam kelompok menetapkan tujuan belajar dan membagi
tugas sendiri-sendiri.
2.Semua siswa dalam kelompok membaca, berdiskusi, dan menulis.
3.Kelompok kolaboratif bekerja secara bersinergi mengidentifikasi,
mendemontrasikan,meneliti, menganalisis, dan memformulasikan jawaban-jawaban
tugas atau masalah dalam LKSatau masalah yang ditemukan sendiri.
4.Setelah kelompok kolaboratif menyepakati hasil pemecahan
masalah, masing-masing siswamenulis laporan sendiri-sendiri secara lengkap.
5.Guru menunjuk salah satu kelompok secara acak (selanjutnya
diupayakan agar
6.semua kelompok dapat giliran ke depan) untuk melakukan
presentasi hasil diskusi
7.kelompok kolaboratifnya di depan kelas, siswa pada kelompok lain
mengamati, mencermati,membandingkan hasil presentasi tersebut, dan menanggapi.
Kegitan ini dilakukan selama lebihkurang 20-30 menit.
8.Masing-masing siswa dalam kelompok kolaboratif melakukan
elaborasi, inferensi, dan revisi(bila diperlukan) terhadap laporan yang akan
dikumpulan.
9.Laporan masing-masing siswa terhadap tugas-tugas yang telah
dikumpulkan, disusun perkelompok kolaboratif.
10.Laporan siswa dikoreksi, dikomentari, dinilai, dikembalikan
pada pertemuan berikutnya, dandidiskusikan.Pengertian
Edmodo
Edmodo adalah platform
microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa,dengan
mengutamakan privasi siswa.Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan
dokumen. Guru juga memiliki kemampuanuntuk mengirimkan peringatan, acara, dan
tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untukmengirimkan sesuatu dalam kerangka
waktu yang dapat dilihat publik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar