Minggu, 22 Februari 2015

Simulasi Digital

SIMULASI DIGITALPENGERTIAN SIMULASI DIGITAL
Simulasi Digital ini adalah suatu gabungan mata pelajaran IT (Informasi Teknologi) yangdigunakan untuk mempersiapkan para siswa SMK untuk berwirausaha.
I.                   Latar Belakang
Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau mengungkapkan pemerian (deskripsi ) atasbenda jadi yang dihasilkan, merupakan kompetensi lunak (soft competency ) yang termasukdalam standar kompetensi kerja.Salah satu kemampuan yangdituntut pada kehidupan abad ke-21 adalah melakukankomunikasimelalui media digital.Kesempatan melakukan pembelajaran dan/atau mengikuti pemelajaranmelalui media daring(onlineaz) semakin terbuka lebar bagi masyarakat pembelajar, termasuk siswa dan guru, sejakawal abad ke-21. Makna globalisasi dalam bidang pendidikan harus disikapi secara arif olehguru dan siswa dalam memperoleh pengetahuan sebagai dasar pembentukan keterampilan dansikap.Keterampilan komputer dankemampuan mengelola informasi, baik yang secara terencanatelah diberikan kepadasiswa maupun yang didapat siswa di luar kendali guru karena prosesbelajar di masyarakat luas,merupakan modal dasar bagi siswa dan guru memasuki erakomunikasi digital.
II. Tujuan Mata Pelajaran Simulasi Digital bertujuan untuk memberikan bekal:
1. pengetahuan dan keterampilan bagi siswa untuk membuat jejaring informasi dengan pihaklaindalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya;
2. mengomunikasikan gagasan atau menjelaskan produk benda jadi yang dihasilkannya atauhasilkarya orang lain melalui media digital;
3. penanaman sikap berbagi pakai (sharing) kepada pihak lain.
Manfaat Simulasi Digital :
1. Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar
2. Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya
3. Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar
4. Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya
5. Memudahkan untuk belajar kelompok via Online.
6. Guru dapat memberi materi via online walaupun guru sedang tugas.
7. Melakukan ujian via online.
Pengertian Pembelajaran Kolaboratif : adalah pembelajaran yang memudahkan para siswa bekerjasama,saling membina, belajar dan berubah bersama, serta maju bersama pula.Cara pelaksanaan Pembelajaran Kolaboratif :
1.Para siswa dalam kelompok menetapkan tujuan belajar dan membagi tugas sendiri-sendiri.
2.Semua siswa dalam kelompok membaca, berdiskusi, dan menulis.
3.Kelompok kolaboratif bekerja secara bersinergi mengidentifikasi, mendemontrasikan,meneliti, menganalisis, dan memformulasikan jawaban-jawaban tugas atau masalah dalam LKSatau masalah yang ditemukan sendiri.
4.Setelah kelompok kolaboratif menyepakati hasil pemecahan masalah, masing-masing siswamenulis laporan sendiri-sendiri secara lengkap.
5.Guru menunjuk salah satu kelompok secara acak (selanjutnya diupayakan agar
6.semua kelompok dapat giliran ke depan) untuk melakukan presentasi hasil diskusi
7.kelompok kolaboratifnya di depan kelas, siswa pada kelompok lain mengamati, mencermati,membandingkan hasil presentasi tersebut, dan menanggapi. Kegitan ini dilakukan selama lebihkurang 20-30 menit.
8.Masing-masing siswa dalam kelompok kolaboratif melakukan elaborasi, inferensi, dan revisi(bila diperlukan) terhadap laporan yang akan dikumpulan.
9.Laporan masing-masing siswa terhadap tugas-tugas yang telah dikumpulkan, disusun perkelompok kolaboratif.
10.Laporan siswa dikoreksi, dikomentari, dinilai, dikembalikan pada pertemuan berikutnya, dandidiskusikan.Pengertian



Edmodo

Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa,dengan mengutamakan privasi siswa.Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuanuntuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untukmengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar